Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Aplikasi Komputer

 APLIKASI KOMPUTER
Aplikasi Komputer atau Aplikasi Software :
a. Adalah Program komputer yang ditulis dalam suatu bahasa pemrograman dan dipergunakan untuk menyelesaikan masalah tertentu.

b. Melakukan pekerjaan-pekerjaan sesuai kebutuhan user.
Exp.
a. Program-program dalam dunia perbankan yang digunakan untuk menyediakan informasi rekening bulanan para nasabah.
b. Program dalam perusahaan penerbangan yang memberikan informasi pemesanan dan jadwal penerbangan.
c. Merupakan salah satu tipe dari software komputer.

JENIS-JENIS APLIKASI KOMPUTER
APLIKASI JARINGAN
Jaringan Komputer atau jaringan adalah koordinasi komunikasi dalam suatu system tertentu diantara central/pusat (server) dan beberapa anggotanya (client).
Topologi jaringan adalah pola hubungan antara terminal dalam jaringan komputer.
 Star

Keuntungan :
a) Keterandalan terbesar diantara topologi yang lain
b) Mudah dikembangkan dan keamanan data tinggi
c) Kemudahan akses ke jaringan LAN lain.
                                                                              
Kerugian :
a. Lalu lintas padat dapat menyebabkan jaringan lambat
b. Jaringan tergantung pada terminal pusat.
CENTRAL COMPUTERCPU CPU CPUCPU CPU

Ring

Keuntungan :
a) Laju data tinggi.
b) Dapat melayani lalu lintas data yang padat
c) Tidak diperlukan host, relatif lebih murah
d) Dapat melayani berbagai media pengirim.
e) Komunikasi antar terminal mudah.

Kerugian :
a. Tidak kondusif untuk pengiriman suara, video, dan data
b. Kerusakan pada media pengirim dapat menghentikan kerja seluruh
jaringan.
c. Penambahan atau pengurangan terminal sangat sukar.

�/span>Bus (multipoint) 

Keuntungan :
a) Kemampuan pengembangan tinggi (open-endedness)
b) Jarak LAN tidak terbatas
c) Keterandalan jaringan dan kecepatan pengiriman tinggi.
d) Tidak diperlukan pengendali pusat.
e) Jumlah terminal dapat ditambah atau dikurangi tanpa menggangu operasi yang telah berjalan.

Kerugian :
a) Jika tingkat lalu lintas terlalu tinggi dapat terjadi kongesti (kemacetan)
b) Diperlukan repeater untuk menguatkan sinyal.
c) Operasional jaringan LAN tergantung pada setiap terminal.
  
Hierarki

Pada topologi hierarki, tidak semua terminal mempunyai kedudukan yang sama. Terminal dengan kedudukan lebih tinggi menguasai terminal di bawahnya dan dengan demikian jaringan tergantung pada terminal dengan kedudukan paling tinggi.
APLIKASI GRAFIK
Aplikasi komputer grafik awal perkembangannya dimulai pada akhir tahun 1950-an dan awal 1960-an. Merupakan suatu program komputer yang digunakan dengan menarik sebuah gambar yang memberikan dimensi baru pada bidang komputer saat itu. 
�/span>2 cara nyata yang dapat memasukkan informasi grafik ke dalam komputer menjadi suatu aplikasi, yaitu : 
1. Direct Programming Graphics, dengan menuliskannya ke dalam bahasa pemrograman.
2. Digitizing (or Graphics) Tablets, dengan menggunakan mouse.

ANIMASI
Merupakan bentuk seni yang tampak secara spontan menimbulkan gerakan kehidupan pada suatu obyek. Untuk mencapai efek tersebut, animator harus membangun rangkaian frame/gambar dari sebuah subyek, yang setiap frame berikutnya sedikit berbeda dari frame sebelumnya.
Sebenarnya terdapat beberapa fungsi yang berbeda untuk menghasilkan animasi berbasis komputer dan satu daripadanya ialah animasi tiga dimensi (3D). 
  
APLIKASI WEB
Merupakan bagian dari internet sebagai komunitas jaringan komputer yang memberikan pelayanan http (world wide web).
Dengan demikian, definisi teknis dari world wide web adalah semua sumber daya dan semua pengguna diintenet yang menggunakan HTTP (Hypertext Transfer Protocol)
WWW adalah aplikasi yang paling menarik di Internet dan seperti email aplikasi ini sangat penting dan banyak digunakan. Aplikasi ini kadang disebut "The Killer Application" atau "the world is at your fingertip" kerana kita boleh mendapatkan maklumat dengan begitu mudah sekali bukan sekadar teks bahkan gambar (images), maupun multimedia.
Dalam aplikasi ini banyak kemudahan yang dapat dilakukan seperti:
· memesan atau membeli suatu barang secara online
· mendaftar secara online
· mencapai multimedia, dlsb.
Maklumat yang diletakkan di WWW disebut "HomePage" dan setiap homepage mempunyai alamatnya masing-masing. Untuk dapat menarik perhatian pengguna sehingga homepage dapat sering dikunjungi, maka kita harus merekabentuk semenarik mungkin dan banyak terdapat maklumat yang jelas. Dalam hal ini bidang seni sangat diperlukan, sehingga dunia periklanan dan dunia perniagaan semakin bagus. Aplikasi browser yang paling sering digunakan saat ini di dunia adalah Netscape Navigator selain daripada Internet Explorer.
APLIKASI PENDIDIKAN
Computer Assisted Instruction (CAI)
Komputer secara langsung digunakan dalam proses belajar, sebagai pengganti pengajar ataupun buku.
Beberapa aplikasi CAI adalah :
a. Drill and Practice
b. Tutorial
c. Simulasi

Computer Managed Instruction (CMI)
Para pengajar memanfaatkan komputer untuk merencanakan kuliah, disesuaikan dengan kondisi para siswa, yang terdiri dari acara belajar dengan bantuan komputer, membaca, dan ujian.
Computer Assisted Testing (CAT)
Komputer digunakan sebagai media ujian. Bentuknya bermacam-macam, dari mulai yang sederhana dimana komputer (biasanya melalui layar peraga) digunakan sebagai pengganti soal ujian dalam bentuk kertas, sampai kepada bentuk yang lebih maju, dimana kemampuan komputer dimanfaatkan untuk menggali kemampuan siswa dengan cara-cara tanya jawab secara aktif.
APLIKASI BISNIS / PERKANTORAN
Setiap bisnis, besar atau kecil, memproses sejumlah data yang besar dalam operasi hariannya. Data diperoleh dari payroll, faktur customer dan rekening keuangan, inventaris manajemen, dan rekening biaya customer yang semuanya harus dikalkulasi, disimpan, diklasifikasikan, disortir, diretriev, diproses kembali, dilaporkan, dikomunikasi dan disebarkan pada suatu waktu. Pemrosesan data seperti itu dikenal sebagai Business Data Processing atau Data Processing (DP). Jika pemrosesan ini dilakukan dengan komputer, hal ini dikenal dengan Electronic Data Processing (EDP).
DBMS (Data Base Management System)
Komputer juga dapat digunakan secara efektiv dalam bisnis management. Melalui komputerisasi data base management system (DBMS) dan SIM, seorang manajer atau eksekutive perusahaan dapat dibantu dalam membuat keputusan tentang seluruh operasi bisnisnya dan dapat memberikan bimbingan dan instruksi kepada bawahannya.
APLIKASI UNTUK KELAS TERTENTU
􀂃 Air Traffic Control System
􀂃 Airline Reservation Systems

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

cara menghidupkan dan mematikan komputer

Cara Menghidupkan dan Mematikan Komputer
Menghidupkan Komputer
a)      Pastikan komputer dan monitor sudah terhubung ke listrik. Nyalakan stabilizer dengan menekan switch power sampai lampu indikator menyala dan jarum penunjuk bergerak ke kanan.
b)      Nyalakan juga komponen yang terhubung langsung dengan listrik, misalnya monitor, printer, atau speaker.
c)       Cari bagian depan CPU, temukan dua tombol yang bisa ditekan
d)      Tombol untuk menghidupkan komputer biasanya mempunyai ciri-ciri:
e)      Bentuknya lebih besar
f)       Bertuliskan Power
g)      Jika tidak ada tulisannya, terdapat gambar
h)      di dekat tombol
i)        Tombol lain adalah tombol Reset yang berguna untuk membebaskan komputer dari kondisi Hang dengan memulai ulang komputer tanpa mematikannya. Ciri-cirinya: a. Bentuknya lebih kecil, bahkan kadang-kadang sangat kecil. Bertuliskan Reset
j)        Pada komputer produksi lama (1997 ke bawah), penekanan tombol Power harus cukup kuat (biasanya sampai berbunyi Klik). Namun untuk komputer generasi terakhir (produksi 1997 sampai sekarang), penekanan tombol Power cukup dengan sentuhan lembut, sampai lampu indikator menyala.
k)      Bila terdengar bunyi Bip satu kali, maka komputer sudah hidup dan siap melanjutkan ke tahap sistem operasi (Windows)
Mematikan Komputer
a)      Pada sistem operasi Windows, mematikan komputer disebut Shut Down. Ada beberapa cara shutdown dalam Windows:
b)      Menggunakan mouse, klik tombol Start,, lalu tunjuk pada pilihan Shut Down (paling bawah) pada menu dan klik (tombol kiri), lalu akan muncul tampilan seperti di bawahkemudian pilih opsi Shut down the computer? dan klik tombol Yes
c)       Tekan tombol bergambar  di keyboard, lalu tekan U, gunakan tombol panah untuk memilih opsi Shut down the computer?, dan tekan Enter
d)      Tekan tombol Ctrl + Esc, lalu lakukan seperti di atas.
e)      Tekan tombol Alt + F4, lalu lakukan seperti di atas.
f)       Akan muncul tampilan berbunyi Windows is Shutting Down...Please Wait. Setelah beberapa saat komputer akan mati dengan sendirinya.
g)      (Catatan: Pada komputer produksi lama (1997 ke bawah), tampilan di atas akan diikuti tampilan It's Now Safe to Turn Off Your Computer. Tekan tombol Power untuk mematikan komputer.)
h)      Matikan stabilizer dan bagian lain (monitor, printer, speaker)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

cara menggunakan komputer

Cara menggunakan computer
Cara menggunakan komputer agar terhindar yaitu pertama, pandangan ...kepada kita untuk menggunakan komputer dengan baik dan benar, menggunakan komputer agar terhindar yaitu pertama, pandangan mata disarankan agar monitor memiliki layar anti silau atau bisa memakai kacamata berwarna. Kedua, posisi tubuh siku dan lutut membentuk sudut 90’ dan duduk harus tegak. Keyboard harus sama tingginya dengan siku sehingga lengan dan jemari mengurangi ketegangan otot dan persendian. Apabila kursi tersebut tinggi kita dapat memanfaatkan penyangga kaki. Ketiga, letak pergelangan tangan, jemari tangan dan tangan dalam keadaan santai, tidak melengkung dan tegang.
1. Monitor
Monitor komputer pada umumnya menggunakan tabung gambar (CRT) yang dapat memancarkan intensitas cahaya cukup tinggi untuk diterima oleh mata manusia. Oleh karena itu, bagian dari perangkat ini harus memiliki layar anti radiasi, agar mata terhindar dari kerusakan,Untuk mengurangi keluhan pada mata, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan :
a. Letakkan monitor sedemikian rupa diruangan sehingga layar monitor tidak memantulkan
 cahaya dari sumber cahaya lain.
 b. Letakkanlah monitor lebiih rendah dari garis hoizontal mata, agar tidak mengadah atau menunduk.
c. Aturlah cahaya monitor agar tidak terlalu terang dan gelap
 d. Sering-seringlah mengedipkan mata untuk menjaga mata tidak kering. Sesekali memandang jauh ke luar ruangan.
2. CPU ( Central Processing Unit )
Bagian dari perangkat komputer ini tidak boleh langsung bersentuhan dengan tangan (basah) karena aliran listrik yang ada pada CPU dapat menyengat manusia.
a. Tangan yang basah baik oleh air atau keringat tidak boleh langsung bersentuhan dengan CPU.
 b. Aliran listrik yang ada pada CPU dapat menimbulkan sengatan.
3. Kabel Komputer
Bagian dari perangkat komputer ini harus dihindari dari air, karena dapat menyebabkan hubungan singkat (korsleting). Hubungan singkat ini dapat mengakibatkan kebakaran.
4. Keyboard
Penelitian menunjukan bahwa posisi keyboard merupakan salah satu faktor penyebab nyeri otot dan persendian. Penyebab nyeri otot dan tulang yang disebabkan oleh keyboard adalah penggunaan
 jari-jari tertentu saja dalam waktu yang lama.
Hindari tumpahnya air pada keyboard yang dapat menyebabkan:
 a. Keyboard hang / rusak
 b. Keyboard berlumut kekuning-kuningn dan tidak indah
 c. Hubungan singkat.
5. Pandangan Mata
Untuk mengurangi rasa sakit pada mata akibat pandanagn fokus ke layar monitor
 memiliki layar anti silau atau memakai kacamata berwarna.
6. Posisi tubuh / posisi duduk
• Posisi tubuh kurang tepat membuat kurang nyaman
 • Posisi kaki dapat menyanggah lantai
 • Siku dan Lutut membentuk sudut 90 derajat
 • Duduk tegak
 • Keyboard sama tinggi dengan siku agar gerakan tangan dan jemari dapat
 mengurangi ketegangan otot dan persendian
7. Letak Pergelangan Tangan, Jemari tangan dan Lengan
• Pastikan pergelangan tangan, jemari tangan dan lengan dalam keadaan santai,
 tidak melangkung dan tegang
 • Letak posisi yang benar dapat terhindar dari penyakit radang sendi
 (Repetitive strain Injury-RSI)
8. Beristirahat
Beristirahatlah selama 10 menit setelah berkerja 1 jam di depan komputer agar
mata dan organ tubuh lainya juga beristirahat.
Teknologi memudahkan kehidupan manusia, komputer kecil atau portable seperti notebook (laptop/netbook) sudah menjadi perangkat umum sering digunakan oleh masyarakat. Tetapi ternyata ada penelitian bahwa posisi perangkat seperti notebook bisa membahayakan kesehatan...
Ukuran notebook yang kecil membuat pengguna harus terus menunduk. Bahkan posisi duduk yang tidak berubah dengan menyesuaikan sudut pandang dapat menyakiti 3 sisi dari tulang tubuh manusia.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Brainware

Brainware Kompurter
Brainware Kompurter adalah setiap orang yang terlibat dalam kegiatan pemanfaatan komputer atau sistem pengolahan data. Brainware juga dapat diartikan sebagai perangkat intelektual yang mengoperasikan dan mengeksplorasi kemampuan dari hardware komputer maupun software komputer. Tanpa adanya brainware ini mustahil hardware dan software yang canggih sekalipun dapat dimanfaatkan secara maksimal. Berdasarkan tingkat pemanfaatannya, brainware komputer dibagi dalam 4 tingkatan :
A. System Analyst
System Analyst adalah seseorang yang bertanggung jawab atas penelitian, perencanaan, pengkoordinasian, dan merekomendasikan pemilihan perangkat lunak dan sistem yang paling sesuai dengan kebutuhan organisasi bisnis atau perusahaan. System Analyst juga memegang peranan yang sangat penting dalam proses pengembangan sistem. Seorang system analyst harus memiliki setidaknya empat keahlian : analisis, teknis, manajerial, dan interpersonal (berkomunikasi dengan orang lain).
B. Programmer
Programmer adalah seseorang yang mempunyai kemampuan menguasai salah satu atau banyak bahasa pemrograman seperti bahasa C, Pascal, Java, dll. Programmer juga bisa dikatakan sebagai pembuat dan petugas yang mempersiapkan program yang dibutuhkan pada sistem komputerisasi yang akan dirancang.
C. Administrator
Administrator adalah seseorang yang bertugas mengelola suatu sistem operasi dan program-program yang berjalan pada sebuah sistem komputer atau jaringan komputer.
D. Operator
Operator adalah pengguna biasa yang hanya memanfaatkan sistem komputer yang sudah ada atau istilahnya dia hanya menggunakan apilkasi-aplikasi tertentu.
4 tingkatan di atas merupakan brainware/pengguna umum dari sebuah sistem komputer. Sebenarnya dalam bidang IT masih banyak brainware-brainware komputer lainnya seperti Teknisi, Graphic Designer, Spesialis Jaringan, dll. Namun itu semua tidak wajib harus Anda ketahui, yang wajib Anda ketahui cukup 4 tingkatan ini.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Perangkat Lunak

PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE)

Perangkat Lunak (software) adalah kumpulan beberapa perintah yang dieksekusi oleh mesin komputer dalam menjalankan pekerjaannya. perangkat lunak ini merupakan catatan bagi mesin komputer untuk menyimpan perintah, maupun dokumen serta arsip lainnya.

Perangkat Lunak (software) merupakan data elektronik yang disimpan sedemikian rupa oleh komputer itu sendiri, data yang disimpan ini dapat berupa program atau instruksi yang akan dijalankan oleh perintah, maupun catatan-catatan  yang diperlukan oleh  komputer untuk menjalankan perintah yang  dijalankannya. Untuk mencapai keinginannya tersebut dirancanglah suatu susunan logika, logika yang disusun ini diolah melalui perangkat lunak, yang disebut juga dengan program beserta data-data yang diolahnya. Pengeloahan pada software ini melibatkan beberapa hal, diantaranya adalah sistem operasi, program, dan data. Software ini mengatur sedemikian rupa sehingga logika yang ada dapat dimengerti oleh mesin komputer.

Secara umum, perangkat lunak (software) dapat dibagi menjadi tiga bagian, yaitu Sistem Operasi, Bahasa Pemrograman dan Perangkat Lunak Aplikasi.

1. SISTEM OPERASI

a. Pengertian Sistem Operasi
Sistem operasi merupakan sebuah penghubung antara
pengguna dari komputer dengan perangkat keras komputer. Sebelum ada sistem operasi, orang hanya mengunakan komputer dengan menggunakan sinyal analog dan sinyal digital. Seiring dengan berkembangnya pengetahuan dan teknologi, pada saat ini terdapat berbagai sistem operasi dengan keunggulan masing- masing. Untuk lebih memahami sistem operasi maka sebaiknya perlu diketahui terlebih dahulu beberapa konsep dasar mengenai sistem operasi itu sendiri.
Pengertian sistem operasi secara umum ialah pengelola seluruh sumber-daya yang terdapat pada sistem komputer dan menyediakan sekumpulan layanan (system calls) ke pemakai sehingga memudahkan dan menyamankan penggunaan serta pemanfaatan sumber-daya sistem komputer.
Sistem operasi berfungsi ibarat pemerintah dalam suatu
negara, dalam arti membuat kondisi komputer agar dapat menjalankan program secara benar. Untuk menghindari konflik yang terjadi pada saat pengguna menggunakan sumber-daya yang sama, sistem operasi mengatur pengguna mana yang dapat mengakses suatu sumber-daya. Sistem operasi juga sering disebut resource allocator. Satu lagi fungsi penting sistem operasi ialah sebagai program pengendali yang bertujuan untuk menghindari kekeliruan (error) dan penggunaan komputer yang tidak perlu.

b. Sejarah Sistem Operasi
Menurut Tanenbaum, sistem operasi mengalami
perkembangan yang sangat pesat, yang dapat dibagi kedalam empat generasi:
Generasi Pertama (1945-1955)
Generasi pertama merupakan awal perkembangan sistem komputasi elektronik sebagai pengganti sistem komputasi mekanik, hal itu disebabkan kecepatan manusia untuk menghitung terbatas dan manusia sangat mudah untuk membuat kecerobohan, kekeliruan bahkan kesalahan. Pada generasi ini belum ada sistem operasi, maka sistem komputer diberi instruksi yang harus dikerjakan secara langsung.
Generasi Kedua (1955-1965)
Generasi kedua memperkenalkan Batch Processing System, yaitu Job yang dikerjakan dalam satu rangkaian, lalu dieksekusi secara berurutan.Pada generasi ini sistem komputer belum dilengkapi sistem operasi, tetapi beberapa fungsi sistem operasi telah ada, contohnya fungsi sistem operasi ialah FMS dan IBSYS.
Generasi Ketiga (1965-1980)
Pada generasi ini perkembangan sistem operasi dikembangkan untuk mdlayani banyak pemakai sekaligus, dimana para pemakai interaktif berkomunikasi lewat terminal secara on-line ke komputer, maka sistem operasi menjadi multi-user (di gunakan banyak pengguna sekali gus) dan multi- programming (melayani banyak program sekali gus).
Generasi Keempat (Pasca 1980an)
Dewasa ini, sistem operasi dipergunakan untuk jaringan komputer dimana pemakai menyadari keberadaan komputer- komputer yang saling terhubung satu sama lainnya. Pada masa ini para pengguna juga telah dinyamankan dengan Graphical User Interface yaitu antar-muka komputer yang berbasis grafis yang sangat nyaman, pada masa ini juga dimulai era komputasi tersebar dimana komputasi-komputasi tidak lagi berpusat di satu titik, tetapi dipecah dibanyak komputer sehingga tercapai kinerja yang lebih baik.

Tugas dari sistem operasi (OS), yaitu:
Menyediakan berbagai elemen instruksi di layar (user interface).
Memuat (load) berbagai program ke dalam memori komputer yang akan digunakan.
Meng-koordinasikan antar program agar dapat bekerja dengan komponen-komponen komputer (CPU, RAM, keyboard, mouse, printer serta perangkat lainnya) dan software aplikasi lainnya.
Mengatur penyimpanan dan pengambilan informasi dari penyimpanan (disk).
Sistem Operasi Bertindak sebagai :
Manajemen proses
Manajemen Memori
Manajemen File
Manajemen I/O
Manajemen memori sekunder
Jenis OS :
DOS
Macintosh System Software
Windows
OS/2
UNIX
NetWare

2. PERANGKAT LUNAK BAHASA (LANGUAGE SOFTWARE)

Perangkat Lunak Bahasa (Language Program), yaitu program yang digunakan untuk menerjemahkan instruksi-instruksi yang ditulis dalam bahasa pemrograman ke dalam bahasa mesin agar dapat diterima dan dipahami oleh komputer.
High Level Language (Bahasa Tingkat Tinggi)
Bahasa tingkat tinggi merupakan bahasa yang mudah dimengerti oleh siapa saja yang mau belajar, karena bahasa ini dibuat dengan menggunakan bahasa manusia sehari-hari. Bahasa tingkat tinggi saat ini biasa dimanfaatkan untuk membuat program-program aplikasi berbasiskan bisnis ataupun berbasiskan sains. Contoh dari bahasa tingkat tinggi adalah : Basic, dBase, Cobol, Pascal, C++, Visual Basic, Visual Foxpro, Delphi, PHP, dan masih banyak yanga lainnya.

3. PERANGKAT LUNAK APLIKASI

Perangkat lunak aplikasi merupakan perangkat lunak yang biasa digunakan oleh siapa saja untuk membantu pekerjaannya. Perangkat lunak aplikasi dapat dengan mudah di install di dalam komputer kita. Perangkat lunak aplikasi dapat dikelompokkan menjadi dua macam, yaitu :

a. Program Aplikasi
Program aplikasi merupakan program yang langsung dibuat
oleh seorang programmer yang disesuaikan dengan
kebutuhan seseorang  aataupun untuk kebutuhan suatu perusahaan, biasanya menggunakan bantuan suatu bahasa pemrograman. Misalnya menggunakan visual basic, PHP ataupun bahasa pemrograman apa saja yang mendukung. Contoh dari program aplikasi adalah :
Program penggajian karyawan (Payroll) Program penjualan tiket pesawat/kapal Laut Program kasir
Program billing warnet/wartel

b. Program Paket
Program paket merupakan program khusus dalam paket- paket tertentu yang dibuat oleh software house ataupun
langsung bawaan dari suatu Sistem Operasi. Dibawah ini akan diberikan contoh macam-macam program aplikasi paket, yaitu :
Program pengolah kata, contohnya adalah : Microsoft Word, Open Office.org Writter, ChiWritter, Word Perfect, WordStar, K Writter, Amipro, dll.
Program pengolah angka, contohnya adalah : Microsoft
Excel, Open Office.org Calc, Quattro Pro, Lotus 123, dll. Program presentasi, contohnya adalah : Microsoft Power
point, Open Office.org Impres, Magic Point, Corel
Presentation, Apple Work, dll.
Program design grafis, contohnya adalah : Adobe
Photoshop, Corel Draw, Free Hand, Auto Cad, dll.
Program browser, contohnya adalah : Internet Explorer,
Modzilla Firefox, Opera, Netscape Communicator.
Program database, contohnya adalah : Microsoft Access,
Open Office.org Base, Visual Foxpro, Fox Base, Dbase I- IV, dll.
Program animasi, contohnya adalah : Macromedia Flash, Swish, dll.
Program multimedia, contohnya : Windows Media Player, WinAmp, Cyberlink, Real Player, DVD Player,


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Perangkat Keras

 PERANGKAT KERAS (HARDWARE)

Komponen perangkat keras (hardware) merupakan komponen-komponen komputer yang secara langsung dapat dilihat jika kotak komputer dibuka. Secara umum hardware pada unit komputer dibagi menjadi 3 bagian, yaitu unit masukan (input device), unit pemroses (processing device), dan unit keluaran (output device)
1.   Unit Masukan
Unit masukan standar pada komputer untuk saat ini terdiri atas keyboard dan mouse. Keyboard terutama digunakan untuk memberikan input berupa teks (mengetik huruf) atau memilih menu, sedangkan mouse terutama digunakan untuk memilih menu. Beberapa tipe mouse, diantaranya mouse 2 tombol dan mouse 3 tombol. Ada juga mouse yang memiliki bagian untuk menggulung layar (scrolling) dengan mudah. Ada mouse yang menggunakan tracball, yaitu bagian mouse sebelah bawah berupa bola besi, ada pula mouse optik (optikal mouse) yang menggunakan teknologi optik (tidak menggunakan trackball) yang lebih awet. Penggunaan mouse seperti klik kiri (left click) atau sering disebut “klik”saja, klik kanan (right click), klik ganda (double click), dan drag.
2.   Unit Pemroses
Unit pemroses akan memproses data dari perangkat masukan untuk selanjutnya diteruskan ke perangkat output atau disimpan dalam media penyimpan.
a.    Processor
Processor merupakan pusat “eksekusi” setiap perintah, baik yang berupa instruksi maupun data di dalam sistem komputer.
Dalam perkembangannya terdapat beberapa merk processor yang beredar, diantaranya Intel, AMD, dan VIA.
1)    Intel
Processor intel diproduksi oleh Corporation yang membagi produk tersebut menjadi beberapa kelompok yaitu Intel Pentium, Intel Celeron, dan Intel Itanium.
Intel pentium (intel Original) merupakan  processor unggulan untuk performance PC dengan speed mencapai beberapa gigaHertz. Intel Celeron merupakan processor intel untuk Value PC (semacam paket hemat) dengan kemampuan hampir setara intel pentium tetapi dengan harga yang relatif lebih murah. Intel Itanium merupakan spesifikasi processor untuk server dengan kemampuan paralel processor yang didesain untuk melakukan pemrosesan secara paralel (lebih cepat).
2)    AMD
Processor AMD diproduksi oleh perusahaan American Micro Device (AMD) yang membagi produknya kedalam dua kelompok, yaitu AMD Athlon dan AMD Duron.
3)    VIA
Processor VIA diproduksi oleh perusahaan VIA Technologies, produk yang pertama diperkenalkan adalah prosessor yang dikenal dengan “cool chip in a can.
b.    Motherboard
Motherboard atau mainboard atau papan induk, merupakan papan rangkaian tempat processor  dan perangkat tambahan lainya dipasang. Metherboard juga melakukan pengaturan lalulintas data pada piranti-piranti penyimpan data, unit input, dan output.
c.    Memori (RAM)
RAM merupakan memori utama dalam komputer tempat penyimpanan data sementara sebelum disimpan dalam media penyimpan permanen. Semakin besar kapasitas RAM, semakin cepat proses yang dilakukan oleh komputer. Secara umum, RAM dibagi menjadi dua yaitu Static RAM (SRAM) dan Dynamic RAM (DRAM).
d.    Hardisk
Hardisk memiliki fungsi utama sebagai penyimpan data. Kualitas Hardisk erat hubungannya dengan baik buruknya kinerja komputer secara umum. Dengan kapasitas hardisk yang memadai dan kecepatan putar yang tinggi, kinerja komputer akan semakin meningkat.

e.    Drive
Perangkat keras drive yang biasanya terpasang dalam kotak komputer terdiri dari beberapa macam, yaitu floppy drive CD drive, dan DVD drive. Floppy drive merupakan drive pembaca disket, CD drive digunakan untuk membaca data pada keping CD, sedangkan DVD drive digunakan untuk membaca data pada keping DVD.
3.   Perangkat Keluaran
Perangkat keluaran standart dapat berupa monitor atau VDU (visual display unit), printer dan loundspeaker. Monitor digunakan untuk menampilkan output gambar di layar, sedangkan printer digunakan untuk menampilkan output yang tercetak (disebut hard copy) pada kertas atau media lain. Loudspeaker digunakan untuk menyajikan output suara.
4.   Media Penyimpan Data Eksternal
Disebut juga removable drive adalah media simpan data yang dapat dipindah-pindahkan dengan mudah dari satu komputer ke komputer yang lain. Hardisk yang terpasang didalam komputer bukan termasuk media simpan eksternal melainkan merupakan media simpan internal atau sering juga disebut fixed drive. Yang termasuk media simpan data eksternal diantaranya adalah disket, CD, DVD, dan USB flash disk.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS