Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Manfaat Komputer dealam kehidupan sehari-hari



MANFAAT KOMPUTER
 Komputer seringkali dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari baik digunakan untuk meringankan pekerjaan maupun untuk bekerja. Fungsi yang sering kali dimanfaatkan oleh manusia diantara :
1.      Mempermudah Pengetikan
Dulu orang-orang menggunakan mesin tik untuk menulis, maka setiap kali orang itu salah ketik, kertas akan langsung disobek dan kembali mengetik ulang. Dan lagi dokumennya tidak dapat di edit, sementara jika kita menggunakan komputer, kita bisa delete kesalahan dan mengedit dokumen tersebut.
2.      Sarana Komunikasi
Pada zamannya, orang-orang berkomunikasi menggunakan fasilitas telepon, dimana kita hanya dapat berinteraksi melalui suara saja. Tapi, dengan adanya komputer kita dapat :
·         Berkomunikasi melalui Webcam
·         Melakukan Chatting
·         Mengirim file gambar ataupun audio melalui e-mail.

3.      Sarana Hiburan
Dengan adanya komputer, kita tidak hanya melakukan refreshing dengan menonton TV, mendengarkan radio, atau sekedar membaca Koran dan majalah. Melainkan, kita dapat menghibur diri dengan fasilitas yang terdapat pada komputer seperti :
·        Bermain Video Games Offline ataupun Online
·         Chatting atau Webcam dengan teman.


4.    Alat Pendidikan
Mayoritas sebuah pendidikan di dapatkan dari buku. Beberapa juga bisa memanfaatkan televisi, radio maupun media cetak lain. Tapi, berkat teknologi yang makin berkembang, komputer pun kini bisa dijadikan sebagai sarana pendidikan. Dengan menggunakan program tertentu maupun internet. Baik murid maupun guru sering kali mengambil materi dari internet itu se


5.    Pembelajaran Otodidak
Tidak banyak orang yang mampu mengambil beberapa kursus sekaligus. Belum tentu juga mereka mampu menyisihkan waktu untuk melakukan kursus diluar jam sekolah. Oleh karenanya, setiap kali ada waktu luang, mereka menyisihkan untuk mencari materi di internet. Untuk kemudian di pelajari sendiri, secara otodidak. Tentunya, selain menghemat waktu, hal ini juga mampu menghemat kantong.
6.      Sarana Informasi
Dengan adanya komputer (yang terhubung internet) kita bisa mencari banyak informasi. Mulai berita terbaru, travel, produk terbaru, perdangan maupun politik.
7.      Sarana Usaha
Selain sebagai sarana informasi, pendidikan dan digunakan untuk mempermudah suatu pekerjaan, komputer juga bisa di manfaatkan untuk usaha seperti warnet, usaha design arsitektur, usaha video editing maupun percetakan dan sablon.
8.      Sarana Pengontrolan
Sering kali komputer digunakan sebagai alat control jarak dekat maupun jauh untuk memantau keadaan perusahaan itu sendiri. Baik mengontrol escalator, tata lampu traffic jalanan, maupun memantau CCTV.
9.      Pemanfaatan Pada Bidang Kesehatan
Di zaman yang serba canggih ini, pada bidang kesehatan pun sudah mulai memanfaatkan teknologi yang ada untuk meningkatkan efesiensi dan efektivitas. Diantaranya adalah penggunaan alat-alat kedokteran yang mempergunakan aplikasi komputer, salah satunya adalah USG (Ultra Sonografi). 
10. Pemanfaatan Pada Bidang Keamanan
Bidang pertahanan dan keamanan juga masuk dalam salah satu manfaat komputer di berbagai bidang. Dengan adanya komputer, setiap negara bisa memperkuat barisan pertahanannya dari serangan luar. Peralatan canggih yang ada untuk bertahan dan menyerang juga

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Dampak perkembangan Teknologi Informasi



Dampak dari perkembangan teknologi informasi terhadap  masyarakat
a.  Dampak Teknologi Informasi Sosial & Psikologis
1.  Ketergantungan
Media komputer memiliki kualitas atraktif yang dapat merespon segala stimulus yang diberikan oleh penggunanya. Terlalu atraktifnya, membuat penggunanya  seakan-akan menemukan dunianya sendiri yang membuatnya terasa nyaman dan tidak mau melepaskannya. kita bisa menggunakan komputer sebagai pelepas stress dengan bermain gamesyang ada.
Solusi :
Ketergantungan dapat ditanggulangi atau diminimalisasikan dengan adanya bantuan dari lingkungan dan orang-orang sekitar kita, yang dapat menyadarkan pengguna addict tersebut dengan menawarkan kegiatan lain yang lebih menarik dari pada yang ditawarkan oleh komputer. Serta memberikan motivasi untuk memperbanyak kegiatan di luar rumah (menyibukkan diri) seperti olahraga, traveling, bersosialisasi dengan teman, maka akan lebih sedikit waktu yang dihabiskan di depan komputer.
2. Violence and Gore
Kekejaman dan kesadisan juga banyak ditampilkan pada komputer. Karena segi isi pada dunia internet tidak terbatas, maka para pemilik situs menggunakan berbagai macam cara agar dapat menjual situs mereka. Salah satunya dengan menampilkan hal-hal yang menunjukan kekejaman dan kesadisan. Studi eksperimental menunjukkan bahwa ada korelasi positif antara bermain permainan komputer dengan tingkat kejahatan di kalangan anak muda, khususnya permainan komputer yang banyak memuat unsur kekerasan dan pembunuhan. Bahkan ada sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa games yang di mainkan di komputer memiliki sifat menghancurkan yang lebih besar dibandingkan kekerasan yang ada di televisi ataupun kekerasan dalam kehidupan nyata sekalipun. Hal ini terjadi terutama pada anak-anak. Mereka akan memiliki kekurangan sensitivitas terhadap sesamanya, memicu munculnya perilakuperilaku
agresif dan sadistis pada diri anak, dan bisa mengakibatkan dorongan kepada anak untuk bertindak kriminal seperti yang dilihatnya (meniru adegan kekerasan
Solusi :
Dampak negatif tersebut dapat diminimalisasi dengan adanya peran serta dari orang tua. Pertama-tama, orangtualah yang seharusnya mengenalkan computer dan internet pada anak, bukan orang lain. Mengenalkan computer dan internet berarti pula mengenalkan manfaatnya dan tujuan penggunaannya. Selanjutnya orang tua harus dapat mengontrol dan memantau sejauh mana penggunaan komputer dan internet pada anak-anaknya. Seperti memasang software yang dirancang khusus untuk melindungi ‘kesehatan’ anak. Misalnya saja program nany chip atau parents lock yang dapat memproteksi anak dengan mengunci segala akses yang berbau seks dan kekerasan. Mengatur peletakkan komputer di ruang publik rumah, seperti perpustakaan, ruang keluarga, dan bukan di dalam kamar anak. Memberikan batasan waktu dan jadwal dalam penggunaan komputer.
3. Pornografi
Anggapan yang mengatakan bahwa internet identik dengan pornografi, memang tidak salah. Dengan kemampuan penyampaian informasi yang dimiliki internet, pornografi pun merajalela. Begitu banyak situs-situs pornografi yang ada di internet, meresahkan banyak pihak terutama kalangan orang tua yang khawatir anak-anaknya akan mengonsumsi hal-hal yang bersifat porno. Di internet terdapat gambar-gambar pornografi yang bisa mengakibatkan dorongan kepada seseorang untuk bertindak kriminal. Ironisnya, ada situs-situs yang memang menjadikan anak-anak sebagai target khalayaknya. Mereka berusaha untuk membuat situs yang kemungkinan besar memiliki
keterkaitan dengan anak-anak dan sering mereka jelajahi.
Solusi :
Solusi untuk meminimalisasi dampak dari pornografi tersebut tidak jauh berbeda dengan solusi untuk meminimalisasi dampak negatif dari kekejaman dan kesadisan. Dalam hal ini, Pertama-tama, orangtualah yang seharusnya mengenalkan computer dan internet pada anak, bukan orang lain. Mengenalkan computer dan internet berarti pula mengenalkan manfaatnya dan tujuan penggunaannya. Selanjutnya orang tua harus dapat mengontrol dan memantau sejauh mana penggunaan komputer dan internet pada anak-anaknya.
4. Antisocial Behavior
Salah satu dampak yang dapat ditimbulkan dari penyalahgunaan komputer adalah antisocial behavior. Dimana pengguna komputer tersebut tidak lagi peduli kepada lingkungan sosialnya dan cenderung mengutamakan komputer. Selain itu, pengguna komputer tersebut tidak peduli lagi apa yang terjadi disekitarnya, satu-satunya yang dapat menarik perhatiannya hanyalah komputer saja. Orang akan menjadi lebih jarang berinteraksi dengan lingkungan di sekitarnya, sehingga kemampuan interpersonal dan emosionalnya tidak berkembang secara optimal. Lama kelamaan, seseorang akan sulit menjalin komunikasi dan membangun relasi dengan orang-orang disekitarnya. Bila hal tersebut tidak segera ditanggulangi akan menumbulkan dampak yang sangat buruk, yang dimana manusia lama kelamaan akan sangat individualis dan tidak akan ada lagi interaksi ataupun sosialisasi.
Solusi :
Antisocial behavior dapat ditanggulangi dengan menciptakan kesadaran dari diri sendiri akan dampak buruk dari antisocial behavior dan mulai memperbanyak kegiatan di luar rumah dengan keuarga atau teman-teman, seperti olahraga bersama, traveling, hang out bersama teman, dll. Dengan begitu seseorang akan merasakan bahwa sosialisasi dengan sesamanya merupakan suatu kebutuhannya selain kebutuhannya akan komputer.
Dampak Teknologi Informasi Bagi Pendidikan
1.  Malas belajar dan mengerjakan tugas
Penggunaaan komputer juga menimbulkan dampak negatif dalam dunia pendidikan. Seseorang terutama anak-anak yang terbiasa menggunakan komputer, cenderung menjadi malas karena mereka menjadi lebih tertarik untuk bermain komputer dari pada mengerjakan tugas atau belajar.
Solusi :
Solusi untuk meminimalisasi dampak negatif tersebut yaitu dengan memaksimalkan peran serta orang tua dalam memberikan perhatian, pengertian dan membimbing anak-anak dalam belajar dan bermain. Sehingga bila anak-anak dirasa sudah berlebihan dalam menggunakan komputer orang tua bisa segera membatasi dan mencegah terjadinya ketergantungan.
2. Perubahan Tulisan Tangan
Dengan kemudahan dan kepraktian yang diberikan oleh komputer, terutama dalam hal menuliskan suatu text, membuat seseorang cenderung memilih untuk mengetik daripada harus menulis secara manual. Akibatnya, lama kelamaan seseorang akan mengalami
perubahan tulisan, dari yang dulunya rapih, sampai akhirnya menjadi tulisan yang berantakan dan sulit dibaca, Hal tersebut karena mereka tidak lagi terbiasa untuk menulis secara manual.
Solusi :
Solusi untuk meminimalisasi dampak negatif tersebut yaitu dengan menyeimbangkan antara penggunaan tulisan manual dengan mengetik di komputer. Cobalah untuk tidak hanya mengandalkan komputer untuk membuat suatu text, karena perlu disadari bahwa tidak selamanya kita dapat mengandalkan teknologi. Teknologi hanyalah seperangkat alat yang bisa saja tiba-tiba terjadi kerusakan ataupun error, yang dimana pada saat itu kita tidak dapat lagi mengandalkannya, sehingga kita juga harus dapat menyeimbangkan antara penggunaan secara manual dengan penggunaan teknologi.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Pengaruh Komputer dalam bidang Psikologi

PENGARUH KOMPUTER DALAM BIDANG PSIKOLOGI

Teknologi komputer telah terbukti menjadi suatu teknologi yang berkekuatan tinggi dan sangat dibutuhkan manusia dari segala kaum dan golongan. Komputer yang saat ini merupakan salah satu bentuk teknologi canggih dapat digunakan sebagai alat bantu dalam melaksanakan kegiatan pengambilan data/penyimpanan data khususnya untuk mengatasi permasalahan yang biasa ditemukan psikolog-psikolog. Dengan bantuan komputer para psikolog dapat memanfaatkan berbagai sumber informasi yang ada sebagai sumber mempelajari berbagai macam tes yang telah di adaptasi menjadi sebuah program untuk memudahkan penggunanya, serta media penyimpanan data-data client yang tidak mungkin disimpan dalam bentuk kertas demi untuk menjaga kerahasiaan data client . Para psikolog juga dapat menggunakan berbagai program komputer untuk membuat pengambilan datanya lebih kaya motivasi belajar pada para client dari berbagai segi usia. Secara umum kita bisa melihat potensi komputer dalam bidang psikologi melalui 3 (tiga) perspekif, yaitu:
1. Komputer sebagai Subjek
Dalam membantu psikolog, langkah pertama yang harus dipelajari sebelum seseorang itu dapat memahami dan menggunakan komputer secara baik, adalah dengan mencari informasi tentang fungsi/kegunaan computer di dalam pekerjaan manusia. Psikolog dapat mencari tahu hal-hal apa saja yang menjadi kelebihan computer serta computer jenis apa dan bagaimana yang mampu mempermudah kerja computer
2. Komputer sebagai alat
Aktifitas yang paling menarik untuk memanfaatkan kecanggihan komputer adalah dengan menggunakan komputer sebagai alat dalam membantu psikolog untuk memudahkan menyimpan berbagai data. Dalam hal ini psikolog dapat menggunakan computer untuk menyimpan data-data yang digunakan untuk kepentingan penyelesaian kasus yang ditangai oleh psikolog tersebut, misalnya dalam menyimpan data diri client, hasil tes yang telah dipakai oleh psikolog untuk mengetahui jenis gangguan mental yang diderita, dan data-data lain yang memudahkan psikolog dalam melakukan tugas dan tanggung jawabnya.
3. Komputer sebagai tenaga pengajar
Perspektif pekerja adalah komputer sebagai tenaga pengajar/buruh sebagaimana pengajar dalam suatu kelas. Pengajaran ini dapat terjadi dalam bentuk program-program psikologi yang mampu membuat client membuka diri tanpa harus berhadapan langsung dengan psikolog. Misalnya pada client yang menderita depresi, psikolog dapat memberikan program-program relaksasi agar client lebih merasa tenang tanpa harus kontak mata dengan orang lain dan sebagainya. Satu kelebihan sistem komputer yang berfungsi sebagai pengajar adalah proses pengajaran dan pembelajaran dapat berlangsung secara individu. Bahkan di tingkat yang lebih ekstrim, komputer dapat diprogram dengan memasukkan ciri kepintaran di dalamnya. Contohnya adalah dengan melakukan psikoset tes IST ataupun APM.  Dengan cara ini, komputer tersebut bukan saja dapat bertindak sebagai pengajar tetapi juga berupaya sebagai sumber informasi untuk mengetahui tingkat intelegensi seseorang ketika komputer berinteraksi dengan manusia.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

mengenal Search Engine



Search Engine
Internet adalah ‘jalan raya’ informasi, jutaan orang telah memanfaatkan internet untuk media promosi, bisnis, transfer ilmu pengetahuan dan hampir semua sektor terlibat didalamnya. Mereka berduyun-duyun mengupload informasi yang dimiliki ke dunia maya internet, sehingga internet menjadi gudangnya semua jenis informasi. Bagi anda yang membutuhkan informasi tertentu anda tinggal browsing situs yang mempunyai informasi yang anda butuhkan. Misalnya anda ingin tahu informasi tentang sesuatu yang berhubungan dengan akademis perguruan tinggi anda bisa browsing di www.dikti.org, atau anda ingin tahu berita hari ini di surat kabar Suara Merdeka anda browse saja situs www.suaramerdeka.com atau misalnya anda sebagai warga Unissula ingin melihat informasi kampus anda dengan browse www.unissula.ac.id. Dengan cara ini anda harus menghafal alamat situs-situs di internet yang jumlahnya luar biasa banyaknya. Bagaimana jika anda lupa atau tidak tahu dimana situs yang mempunyai informasi yang anda butuhkan? Padahal sangat mungkin informasi yang kita butuhkan tidak berada di situs yang anda ketahui tersebut, tetapi justru di situs lain yang tidak kita ketahui alamatnya mempunyai informasi yang lebih detail dan sangat kita butuhkan. Solusi masalah diatas adalah anda membutuhkan Search Engine (mesin pencari). Dengan search engine anda bisa mencari sumber informasi yang anda butuhkan hanya dengan mengetikkan keyword (kata kunci), maka search engine akan mencarikan untuk anda situs-situs yang mengandung keyword yang anda isikan dari seluruh dunia yang ada di internet. Search engine sebenarnya adalah suatu situs web yang menyediakan layanan pencarian data dengan mudah. Search engine ini cukup banyak kita jumpai di internet, antara lain adalah :
www.google.co.id, www.astavilta.com, www.yahoo.com, www.infoseek.com
www.alltheweb.com, www.catcha.co.id, www.astaga.com, dan lain-lain
Prinsip kerja search engine adalah mencarikan situs-situs yang sudah ada dalam databasenya yang mengandung kata-kata kunci yang anda tuliskan pada kolom yang disediakan.
Cara Menggunakan Search Engine
a. Bukalah situs web yang menyediakan fasilitas search engine, misalnya google, maka anda ketikkan www.google.co.id pada kolom address browser anda kemudian klik enter.
b. Tunggulah beberapa saat maka pada browser akan tampil halaman seperti pada gambar di bawah ini.


c. Siapkanlah data yang anda cari dan carilah keyword yang tepat untuk mendapatkan hasil pencarian seperti yang kita butuhkan. Misalnya anda membutuhkan teori pengolahan sinyal digital untuk mendalam salah satu
perkuliahan di jurusan teknik elektro.
d. Isikan keyword tersebut pada kolom yang disediakan (lihat contoh gambar). Hasil pencarian akan sangat ditentukan oleh pemilihan keyword yang tepat
e. Untuk memulai pencarian kliklah Telusuri dengan Google dan tunggu beberapa saat maka akan muncul daftar situs-situs yang memuat kata-kata kunci yang anda ketikkan.
f. Dari hasil pencarian pada gambar diatas tersebut pada bagian kanan atas tertulis Urutan 1 – 10 of 24.200 artinya adalah search engine google telah menemukan 24200 situs yang mengandung kata kunci yang anda tuliskan. Untuk melihat 10 situs berikutnya (11 – 20) silahkan anda klik Next pada bagian akhir (bawah) dan seterusnya.
g. Jika anda ingin melihat detailnya anda tinggal klik salah satu link dari sekian hasil pencarian, maka selanjutnya akan ditampilkan situs yang anda cari.
Menampilkan Situs Web Hasil Pencarian
Jika hasil pencarian sudah ditampilkan, maka untuk manampilkan hasil keseluruhan dari web situs tersebut adalah :
a. klik link tersebut, maka halaman hasil pencarian akan berubah dan diganti dengan halaman baru yang ditampilkan secara keseluruhan / utuh.
b. Klik kanan pada salah satu link, pilih open in new window maka halaman baru akan muncul dengan window sendiri.

c. Klik kanan pada salah satu link, pilih open this link in a new tab maka halaman baru akan muncul dengan window sama tetapi akan ditempatkan pada tab yang baru

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS