Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Pengenalan Komputer, Sejarah dan Lingkungannya
PENGENALAN KOMPUTER

Komputer merupakan perangkat elektronik yang beroperasi di bawah perintah pengendali yang disimpan di dalam memory dan diproses dan menghasilkan sebuah informasi. Komputer juga dapat diartikan sebagai alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan.
Komputer pada umumnya berbicara mengenai Monitor, CPU, Mouse dan Keyboard. Namun ada juga komputer portable, yang biasanya disebut Laptop.

Monitor atau sering kita sebut Layar tampilan Komputer. Istilah monitor biasanya digambarkan pada sebuah kotak layar yang dapat menampilkan sesuatu dari komputer. Selain itu pula istilah monitor terkadang digambarkan untuk menilai kemampuan grafis.


CPU atau Central Processing Unit merupakan salah satu komponen utama dan memegang peranan yang sangat penting dalam sistem komputer. CPU bertugas mengolah data berdasarkan instruksi yang ia peroleh.

Mouse  adalah sebuah alat yang berguna memasukan data ke komputer dan berupa sebuah perintah untuk menggerakan pointer pada komputer.

Keyboard adalah sebuah alat yang berguna memasukan data ke komputer berupa short key, tulisan, huruf, angka maupun simbol.



Perangkat Input adalah hardware yang digunakan untuk memasukan data dan instruksi.

Perangkat Output adalah hardware yang digunakan untuk menyampaikan informasi untuk satu atau lebih orang.

Sistem Unit adalah komponen elektronik yang digunakan untuk memproses data.

Komponen utama dalam Motherboard yaitu Memory, Processor, dan VGA.
Media penyimpanan di komputer dapat melalu beberapa alat seperti, Hardisk, Flashdisk, Microchip, CD, DVD maupun Disket.

Keunggulan Komputer adalah bisa untuk menyimpan data, bisa menjadi sarana komunikasi, membuat pekerjaan lebih ringan dan cepat.

Kelemahan Komputer adalah bisa membuat pelanggaran privasi, bisa merusak kesehatan bila terlalu lama di depan komputer, dan juga bisa dibuat untuk hal-hal negatif lainnya.
Dalam media komunikasi melalui komputer, kita juga akan mengenal yang namanya Internet, yang digunakan untuk berbagi informasi, software, aplikasi-aplikasi, maupun data-data tertentu, yang nantinya bisa didapatkan oleh pengguna antar komputer.

Komputer yang hebat adalah komputer yang mempunyai program dan aplikasi yang terpadu, itu semua tidak lepas dari penciptanya yang biasa disebut Programer.

Programer adalah seseorang yang mengembangkan aplikasi atau sistem perangkat lunak, programer menulis instruksi langsung kepada komputer, sehingga data bisa diolah menjadi sebuah informasi.

Dua jenis komputer yang paling populer yaitu
- PC dan biasanya menggunakan sistem operasi Windows.
- Apple Macintosh dan biasanya menggunakan sistem operasi Macintosh.
Ada juga komputer versi portable, yang biasa disebut dengan Laptop, biasanya lebih kecil dan mudah dibawa kemana-mana, tetapi memiliki harga yang lebih mahal.


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 komentar:

Unknown mengatakan...

ok banget dach..:)

Posting Komentar