Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Perangkat Keras

 PERANGKAT KERAS (HARDWARE)

Komponen perangkat keras (hardware) merupakan komponen-komponen komputer yang secara langsung dapat dilihat jika kotak komputer dibuka. Secara umum hardware pada unit komputer dibagi menjadi 3 bagian, yaitu unit masukan (input device), unit pemroses (processing device), dan unit keluaran (output device)
1.   Unit Masukan
Unit masukan standar pada komputer untuk saat ini terdiri atas keyboard dan mouse. Keyboard terutama digunakan untuk memberikan input berupa teks (mengetik huruf) atau memilih menu, sedangkan mouse terutama digunakan untuk memilih menu. Beberapa tipe mouse, diantaranya mouse 2 tombol dan mouse 3 tombol. Ada juga mouse yang memiliki bagian untuk menggulung layar (scrolling) dengan mudah. Ada mouse yang menggunakan tracball, yaitu bagian mouse sebelah bawah berupa bola besi, ada pula mouse optik (optikal mouse) yang menggunakan teknologi optik (tidak menggunakan trackball) yang lebih awet. Penggunaan mouse seperti klik kiri (left click) atau sering disebut “klik”saja, klik kanan (right click), klik ganda (double click), dan drag.
2.   Unit Pemroses
Unit pemroses akan memproses data dari perangkat masukan untuk selanjutnya diteruskan ke perangkat output atau disimpan dalam media penyimpan.
a.    Processor
Processor merupakan pusat “eksekusi” setiap perintah, baik yang berupa instruksi maupun data di dalam sistem komputer.
Dalam perkembangannya terdapat beberapa merk processor yang beredar, diantaranya Intel, AMD, dan VIA.
1)    Intel
Processor intel diproduksi oleh Corporation yang membagi produk tersebut menjadi beberapa kelompok yaitu Intel Pentium, Intel Celeron, dan Intel Itanium.
Intel pentium (intel Original) merupakan  processor unggulan untuk performance PC dengan speed mencapai beberapa gigaHertz. Intel Celeron merupakan processor intel untuk Value PC (semacam paket hemat) dengan kemampuan hampir setara intel pentium tetapi dengan harga yang relatif lebih murah. Intel Itanium merupakan spesifikasi processor untuk server dengan kemampuan paralel processor yang didesain untuk melakukan pemrosesan secara paralel (lebih cepat).
2)    AMD
Processor AMD diproduksi oleh perusahaan American Micro Device (AMD) yang membagi produknya kedalam dua kelompok, yaitu AMD Athlon dan AMD Duron.
3)    VIA
Processor VIA diproduksi oleh perusahaan VIA Technologies, produk yang pertama diperkenalkan adalah prosessor yang dikenal dengan “cool chip in a can.
b.    Motherboard
Motherboard atau mainboard atau papan induk, merupakan papan rangkaian tempat processor  dan perangkat tambahan lainya dipasang. Metherboard juga melakukan pengaturan lalulintas data pada piranti-piranti penyimpan data, unit input, dan output.
c.    Memori (RAM)
RAM merupakan memori utama dalam komputer tempat penyimpanan data sementara sebelum disimpan dalam media penyimpan permanen. Semakin besar kapasitas RAM, semakin cepat proses yang dilakukan oleh komputer. Secara umum, RAM dibagi menjadi dua yaitu Static RAM (SRAM) dan Dynamic RAM (DRAM).
d.    Hardisk
Hardisk memiliki fungsi utama sebagai penyimpan data. Kualitas Hardisk erat hubungannya dengan baik buruknya kinerja komputer secara umum. Dengan kapasitas hardisk yang memadai dan kecepatan putar yang tinggi, kinerja komputer akan semakin meningkat.

e.    Drive
Perangkat keras drive yang biasanya terpasang dalam kotak komputer terdiri dari beberapa macam, yaitu floppy drive CD drive, dan DVD drive. Floppy drive merupakan drive pembaca disket, CD drive digunakan untuk membaca data pada keping CD, sedangkan DVD drive digunakan untuk membaca data pada keping DVD.
3.   Perangkat Keluaran
Perangkat keluaran standart dapat berupa monitor atau VDU (visual display unit), printer dan loundspeaker. Monitor digunakan untuk menampilkan output gambar di layar, sedangkan printer digunakan untuk menampilkan output yang tercetak (disebut hard copy) pada kertas atau media lain. Loudspeaker digunakan untuk menyajikan output suara.
4.   Media Penyimpan Data Eksternal
Disebut juga removable drive adalah media simpan data yang dapat dipindah-pindahkan dengan mudah dari satu komputer ke komputer yang lain. Hardisk yang terpasang didalam komputer bukan termasuk media simpan eksternal melainkan merupakan media simpan internal atau sering juga disebut fixed drive. Yang termasuk media simpan data eksternal diantaranya adalah disket, CD, DVD, dan USB flash disk.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 komentar:

Unknown mengatakan...

lanjutkann....!!!!!

Posting Komentar