Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Elektronik Mail



Electronic Mail (e-mail)
Apa itu e-mail?
Electronic Mail adalah salah satu fasilitas atau aplikasi yang paling banyak digunakan di internet. Dengan email kita dapat berhubungan dengan siapa saja yang terhubung dengan internet di seluruh dunia dengan biaya lokal (bila kita menggunakan line telepon atau ISDN). Email menggeser penggunaan telepon, fax dan pos surat dimasa kini.  Konsep email adalah seperti kita mengirim surat denga pos biasa, dimana kita mengirimkan ke kantor pos dengan dibubuhi alamat yang kita tuju. Dari kontor pos tersebut akan disampaikan ke kantor pos yang terdekat dengan alamat yang dituju dan akhirnya sampai ke alamat tersebut. Dan si penerima hanya membuka kotak pos-nya saja yang ada didepan rumah. Disini si pengirim tidak tahu apakah si orang yang dituju tersebut sudah menerima surat tersebut, sampai surat itu dibalas. Dengan email, data dikirim secara elektronik sehingga sampai di tujuan dengan sangat cepat. Juga kita dapat mengirim file-file berupa program, gambar, grafik dan lain sebagainya. Kita juga dapat mengirim ke lebih dari satu orang sekaligus pada saat bersamaan dan kita juga tahu dalam hitungan detik, bahwa surat kita tersebut telah sampai ketujuannya.

Membuat e-mail
Untuk membuat account email (dalam hal ini kita mengambil contoh di domain yahoo􀃆 www.yahoo.com) maka anda harus mendaftar terlebih dahulu dengan mengikuti langkah yang mana anda diharuskan mengisikan biodata anda. Jika proses pendaftaran berhasil maka anda akan mempunyai mailbox dengan alamat email [userID]@yahoo.com Untuk mendaftar email account di plasa ikuti langkah-langkah berikut :
a. Klik browser internet explorer atau browser lain
b. Ketiklah alamat yang diinginkan pada kolom address bar www.yahoo.com

c. Setelah tampil sempurna seperti pada gambar di atas ini kemudian pada link Daftar Email dan tunggu beberapa saat.

d. Setelah langkah diatas selesai akan muncul tampilan registrasi atau halaman isian biodata anda dan isian lain yang harus anda isi dengan benar.

e. Yang perlu anda perhatikan dalam pengisian User ID (istilah lain user name) harus mengikuti aturan penulisan standar email dimana anda tidak diperbolehkan menulis karakter tertentu seperti spasi, +(plus), :(titik dua), koma dan lain-lain, tapi anda boleh mengisikan gabungan huruf dan angka. Alamat email tidak mungkin ada yang sama di internet karenanya sifatnya harus unik sebaiknya anda gunakan user ID yang kira-kira tidak dimiliki orang lain tetapi mudah diingat. Ingat pengguna email yahoo adalah jutaan orang.
f. Setelah anda yakin telah mengisikan semua kolom dengan benar (kecuali yang ada tanda optional) maka kliklah tombol Daftarkan
g. Jika langkah diatas berhasil maka berarti anda telah berhasil mempunyai accout email dengan alamat email : [UserID]@yahoo.com. Yang anda tidak boleh lupa adalah User ID dan password, karena untuk selanjunya anda
hanya bisa masuk mailbox email anda dengan memasukkan User ID dan password yang benar.

Membuka e-mail
Untuk masuk ke mailbox plasa maka caranya adalah sebgai berikut :
a. Buka browser Internet Explorer atau yang lain
b. Ketikkan pada kolom address bar www.plasa.com kemudian
c. Setelah muncul halaman utama anda masukkan user ID dan password milik anda kemudian klik Sign in
d. jika user ID dan password benar maka akan dimemasuki halaman account anda
f. Untuk melihat surat yang masuk silahkan anda klik Kotak Surat tunggu beberapa saat akan muncul tabel yang berisi email yang masuk dengan disertakan pengirim (From) , judul surat (Subject), tanggal pengiriman (Received) dan ukuran file surat (Size).
g. Untuk melihat isi surat yang harus anda lakukan adalah dengan mengklikjudul surat yang akan dibuka, tunggu  beberapa saat maka isi surat akan ditampilkan.
Setiap email mempunyai beberapa menu standar antara lain :
Inbox/Kotak Surat : Tabel surat/email yang pernah masuk ke
mailbox
Compose/Tulis Surat : Membuat surat yang akan dikirim
Delete : Menghapus email yang dalam mailbox
Logout/Sign Out : Keluar dari mailbox
Mengirim e-mail
 
Pengiriman email bisa dilakukan dengan klik Tulis Surat, setelah beberapa saat akan muncul halaman untuk membuat surat Pada halaman Tulis Surat maka akan dijumpai beberapa istilah sebagai berikut :  
To = kepada : adalah kolom untuk menuliskan tujuan surat, alamat surat ini harus berupa email address yang sesuai standar baku penulisan email yaitu userID@domainAnda.
Cc (copy carbon) = tembusan : adalah alamat email lain yang dikirimi email serupa. Anda bisa mengirim surat ke banyak orang sekaligus dengan cara menuliskan semua alamat email yang dituju pada colom cc ini dengan dipisahkan tanda titik koma. Misalnya, cc: ipinid@yahoo.com; arifin@sisfo.unissula.ac.id; ipinid2007@hotmail.com  
Bcc (blind copy carbon) : adalah cc tersembunyi, yaitu untuk menuliskan cc yang lain tetapi nama/alamat email yang ditulis pada bcc ini tidak bisa dibaca oleh penerima surat pada to dan cc.  
Subject = perihal : merupakan judul surat yang mewakili tema dari isi surat  
Attachment = lampiran/sisipan : lampiran yang menempel/menyertai pada email yang dikirim. Attachment berupa file dengan format bebas, bisa berupa file image (gambar), program, dokomen atau yang lain.  
Message = Isi surat : Kolom untuk menuliskan isi surat berupa teks. Jika anda ingin mengirim pesan bukan teks gunakanlah fasilitas attachment.  
Send = kirimkan : Tombol untuk memulai proses pengiriman Jika anda menerima email dari seseorang maka setelah anda buka ada beberapa fungsi pada halaman tersebut yang antara lain :
Balas : Email yang anda terima dapat langsung anda balas ke pengirim dengan cara mengklik tombol  balas (replay), yang artinya adalah sama dengan menekan  
Tulis Surat tetapi dengan klik balas maka alamat email tujuan otomatis telah dituliskan, dan isi email asli yang anda terima dari pengirim juga ditampilkan. Anda tinggal menulis teks balasan pada kolom message kemudian anda klik Kirim maka email balasan langsung terkirim ke pengirim tadi.  
Balas ke Semua Alamat : Jika seseorang mengirim email kepada kita tetapi disertai dengan cc (artinya penerima email serupa tidak hanya diri anda saja). Jika anda mau membalasnya dengan klik Balas (reply) maka yang anda balas adalah pengirimnya saja. Tetapi jika anda klik Balas ke Semua Alamat (Reply All) maka yang anda balas adalah semua alamat email yang ada pada kepada (to) dan tembusan (cc).  
Teruskan : (Forward) adalah untuk mengirimkan email yang anda terima kepada alamat email yang lain. 
 Hapus : (Delete) adalah untuk menghapus email yang sedang anda baca.

 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 komentar:

Unknown mengatakan...

ok luw isinya...

Posting Komentar