Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Sekilas tentang Internet



Sekilas tentang Internet

Secara teknis, Interconnected Network - atau yang lebih populer dengan sebutan Internet - adalah dua lebih yang saling berhubungan membentuk jaringan komputer hingga meliputi jutaan komputer di dunia (internasional), yang saling berinteraksi dan bertukar informasi. Dari segi ilmu pengetahuan, internet merupakan sebuah perpustakaan besar yang didalamnya terdapat jutaan (bahkan milyaran) informasi atau data yang dapat berupa text, grapich, audio maupun animasi dan lain-lain dalam bentuk media elektronik. Orang bias “berkunjung” ke perpustakaan tersebut kapan saja dan dimana saja. Dari segi komunikasi, internet adalah sarana yang sangat efisien dan efektif untuk melakukan pertukaran informasi jarak jauh maupun di dalam lingkungan perkantoran.

Sejarah Internet
Pada awalnya internet merupakan suatu jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika di awal tahun 60-an, melalui proyek ARPA (Advented Research Project Agency) yang disebut ARPANET, dimana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak berhingga. Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan dan akhirnya semua standar yang nereka tentukan menjadi cikal bakal untuk pengembangan protocol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) ARPANET dibentuk secara khusus oleh empat universitas besar di Amerika yaitu : Stanford Research Institute, University of California at Santa Barbara, University of California at Los Angeles dan University of Utah, dimana mereka membentuk satu jaringan terpadu di tahun 1969 dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Pada tahun 1981, jumlah komputer bergabung dalam ARPANET hanya 213 komputer, kemudian di tahun 1986 bertambah menjadi 2308 komputer dan 1,5 juta komputer pada tahun 1993. Pada awal tahun 80-an, seluruh jaringan yang tercakup dalam proyek ARPANET diubah menjadi TCP/IP, karena proyeknya sendiri sudah dihentikan dan jaringan ARPANET inilah yang merupakan koneksi utama (backbone) dari internet. Proyek percobaan tersebut akhirnya dilanjutkan dan dibiayai oleh NSF (National Science Foundation) suatu lembaga ilmu penhetahun seperti LIPI di Indonesia. NSF lalu mengubah nama jaringan ARPANET menjadi NSFNET dimana backbone-nya memiliki kecepatan tinggi dan dihubungkan ke komputer-komputer yang ada di universitas dan lembaga penelitian yang terbesar di Amerika. Dan baru seteleh itu, Pemerintah Amerika Serikat memberika izin kearah komersial pada awal tahun 1990 Jelaslah bahwa awalnya internet dikenal sebagai suatu wadah bagi para peneliti untuk saling bertukar informasi yang kemudian dimanfaatkan oleh perusahaanperusahaan komersil sebagai sarana bisnis mereka. Saat ini pengguna Internet tersebar di seluruh penjuru dunia.

Syarat Terhubung ke Internet

a. 1 (satu) unit komputer
Seperangkat komputer tidak dapat berfungsi, jika tidak mendapat dukungan software (program yang berada didalam komputer). Adapun software yang diperlukan untuk terhubung ke internet diantaranya browser Internet
Explorer, Netscape Communicator, Mozilla Firefox dan lain-lain

b. Media Komunikasi
Media komunikasi yang digunakan bisa berupa saluran telepon, satelite, wireless, fiber optik, kabel UTP, BNC atau yang lain.

c. ISP (Internet Service Provider)
ISP adalah suatu perusahaan yang menyediakan atau menawarkan jasa layanan untuk berhubungan ke Internet atau biasanya juga disebut sebagai pintu gerbang ke Internet. Kita perlu mendaftarkan diri untuk mendapatkan user ID atau keanggotaan dari ISP agar kita bias tersambung ke internet. contoh ISP yang biasa digunakan di Indonesia antara lain Wasantara, Telkomnet, Indonet, CJY-net dan lain-lain. Adapun sekarang terdapat layanan bersifat semi ISP artinya kita bias mengakses internet tanpa harus berlangganan ke ISP tertentu. Biaya pemakaian dihitung berdasarkan detik atau menit pemakaian. Layanan tersebut dapat kita dapatkan di TelkomNet@instant milik Telkom

d. Modem
Modem adalah perangkat hardware tambahan antara komputer dengan line telepon. Kata modem berasal dari kata Modulasi Demodulasi yang bisadiartikan sebagai proses perubahan denyut elektronis dari komputer menjadi suara/audio (modulasi) sehingga dapat dikirim lewat telepon. Modem penerima akan mengubah nada suara tadi menjadi denyut elektronis kembali untuk diproses selanjutnya oleh komputer (demodulasi)
Ber-internet bukan berarti kita harus memiliki komputer sendiri atau saluran komunikasi internet sendiri, karena internet sudah bukan barang langka, dimanamana sudah banyak dijumpai persewaan internet berupa warnet. Selain itu banyak juga instansi-instansi yang telah terhubung ke internet melalui ISP termasuk lingkungan pendidikan. Tinggal bagaimana kita bisa memanfaatkan internet secara optimal.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

2 komentar:

Unknown mengatakan...

Wahh tampilanne kok unyu2 yaaa
pengen akuu

Unknown mengatakan...

lagi dan lagi...seepp!!!!:D

Posting Komentar