Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

mengenal Search Engine



Search Engine
Internet adalah ‘jalan raya’ informasi, jutaan orang telah memanfaatkan internet untuk media promosi, bisnis, transfer ilmu pengetahuan dan hampir semua sektor terlibat didalamnya. Mereka berduyun-duyun mengupload informasi yang dimiliki ke dunia maya internet, sehingga internet menjadi gudangnya semua jenis informasi. Bagi anda yang membutuhkan informasi tertentu anda tinggal browsing situs yang mempunyai informasi yang anda butuhkan. Misalnya anda ingin tahu informasi tentang sesuatu yang berhubungan dengan akademis perguruan tinggi anda bisa browsing di www.dikti.org, atau anda ingin tahu berita hari ini di surat kabar Suara Merdeka anda browse saja situs www.suaramerdeka.com atau misalnya anda sebagai warga Unissula ingin melihat informasi kampus anda dengan browse www.unissula.ac.id. Dengan cara ini anda harus menghafal alamat situs-situs di internet yang jumlahnya luar biasa banyaknya. Bagaimana jika anda lupa atau tidak tahu dimana situs yang mempunyai informasi yang anda butuhkan? Padahal sangat mungkin informasi yang kita butuhkan tidak berada di situs yang anda ketahui tersebut, tetapi justru di situs lain yang tidak kita ketahui alamatnya mempunyai informasi yang lebih detail dan sangat kita butuhkan. Solusi masalah diatas adalah anda membutuhkan Search Engine (mesin pencari). Dengan search engine anda bisa mencari sumber informasi yang anda butuhkan hanya dengan mengetikkan keyword (kata kunci), maka search engine akan mencarikan untuk anda situs-situs yang mengandung keyword yang anda isikan dari seluruh dunia yang ada di internet. Search engine sebenarnya adalah suatu situs web yang menyediakan layanan pencarian data dengan mudah. Search engine ini cukup banyak kita jumpai di internet, antara lain adalah :
www.google.co.id, www.astavilta.com, www.yahoo.com, www.infoseek.com
www.alltheweb.com, www.catcha.co.id, www.astaga.com, dan lain-lain
Prinsip kerja search engine adalah mencarikan situs-situs yang sudah ada dalam databasenya yang mengandung kata-kata kunci yang anda tuliskan pada kolom yang disediakan.
Cara Menggunakan Search Engine
a. Bukalah situs web yang menyediakan fasilitas search engine, misalnya google, maka anda ketikkan www.google.co.id pada kolom address browser anda kemudian klik enter.
b. Tunggulah beberapa saat maka pada browser akan tampil halaman seperti pada gambar di bawah ini.


c. Siapkanlah data yang anda cari dan carilah keyword yang tepat untuk mendapatkan hasil pencarian seperti yang kita butuhkan. Misalnya anda membutuhkan teori pengolahan sinyal digital untuk mendalam salah satu
perkuliahan di jurusan teknik elektro.
d. Isikan keyword tersebut pada kolom yang disediakan (lihat contoh gambar). Hasil pencarian akan sangat ditentukan oleh pemilihan keyword yang tepat
e. Untuk memulai pencarian kliklah Telusuri dengan Google dan tunggu beberapa saat maka akan muncul daftar situs-situs yang memuat kata-kata kunci yang anda ketikkan.
f. Dari hasil pencarian pada gambar diatas tersebut pada bagian kanan atas tertulis Urutan 1 – 10 of 24.200 artinya adalah search engine google telah menemukan 24200 situs yang mengandung kata kunci yang anda tuliskan. Untuk melihat 10 situs berikutnya (11 – 20) silahkan anda klik Next pada bagian akhir (bawah) dan seterusnya.
g. Jika anda ingin melihat detailnya anda tinggal klik salah satu link dari sekian hasil pencarian, maka selanjutnya akan ditampilkan situs yang anda cari.
Menampilkan Situs Web Hasil Pencarian
Jika hasil pencarian sudah ditampilkan, maka untuk manampilkan hasil keseluruhan dari web situs tersebut adalah :
a. klik link tersebut, maka halaman hasil pencarian akan berubah dan diganti dengan halaman baru yang ditampilkan secara keseluruhan / utuh.
b. Klik kanan pada salah satu link, pilih open in new window maka halaman baru akan muncul dengan window sendiri.

c. Klik kanan pada salah satu link, pilih open this link in a new tab maka halaman baru akan muncul dengan window sama tetapi akan ditempatkan pada tab yang baru

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar