Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Pengenalan Microsoft Word

Pengenalan ms word

Pengenalan Word Word (MS Word) merupakan program pengolah kata yang banyak dipakai saat ini dibandingkan dengan program pengolah kata lainnya, seperti WordStar, AmiPro, WordPerfect dan lain-lain. Hal ini dipengaruhi oleh faktor fasilitas yang disediakan, kemudahan dalam menggunakan, hasil yang diperoleh, tampilan yang menarik dan lain sebagainya.

Memulai Word 2000 Word 2000 baru dapat dijalankan apabila system operasi windows telah kita aktifkan. Langkah - langkah memulai bekerja dengan Word 2000 sebagai berikut: 

  • Klik tombol Start yang ada pada batang taskbar.
  • Muncul sejumlah menu, pilih Program, Klik Microsoft Word. 
  • hingga tampil layar Microsoft Word yang masih kosong
  • Microsoft Word siap untuk digunakan


Mengenal Elemen Jendela MS-Word Setelah Word 2000 diaktifkan, maka akan tampil layar kosong dengan nama Document 1,seperti gambar disamping Menu Bar, berisi dftr menu yang dapat kita gunakan, dmn menu ini mempunyai sub menu masing -masing sesuai dengan fungsi dari menu induknya.


Toolbar Standar, merupakan kumpulan icon-icon standar yang disediakan oleh Word 2000secara otomatis. Walaupun bgitu icon dari toolbar ini jg dapat kita tambah/dikurangi sesuaikeperluan. Default dari toolbar ini terdiri dari icon Untuk mengetahui nama dari icon - icon tersebut dapat dilakukan dengan mengarahkan pointer mouse pada icon yang dituju, tunggu sesaat sehingga tampil nama dari icon tersebut.


Ruler, sesuai dengan namanya, bagian ini berfungsi sebagai alat bantu dalam penentuan margin (batas) dari lembar kerja, batas kiri, kanan, paragraph dll. Ruler ini dapat kita atur ukurannya, apakah centimeter, inchi, millimeter, points atau pica. Untuk menentukan ukuran ini dapat dilakukan dengan cara : klik Options pada kotak dialog option klik general pada kotak pilihan measurement units tentukan jenis pengukuran Klik menu tool, lalu yang diinginkan, lalu klik OK.• Scrollbar, berfungsi untuk menggeser layar kerja.


Membuka File yang sudah Tersimpan 1. Klik menu File dan klik tombol Open, maka akan tampil kotak dialog Open.2. Pilih file yang ingin dibuka dengan menentukan letak foldernya terlebih dahulu.3. Klik pada nama file yang akan dibuka.4. Klik tombol Open, maka file yang tadi dipilih akan dibuka oleh Microsoft Word.Alternatif lain :1. Klik tombol Open File pada baris menu.2. Tekan Ctrl+O.Dari kedua cara di atas, akan menghasilkan tampulan kotak dialog Open File,pilih file yang ingin dibuka dengan menentukan letak foldernya terlebih dulu.Klik tombol Open, maka file yang dipilih akan dibuka oleh Microsoft Word.



Menyimpan Dokumen1. Segera setelah memulai pengetikan, sebisa mungkin dilakukan penyimpanan. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga kemungkinan kehilangan dokumen.2. Pada jendela Microsoft Word , pilih menu File, klik tombol Save. 3. layar akan ditampilkan kotak dialog Save. Ketikkan nama file dokumen, dan klik Save.4. Lakukan penyimpanan file sesering mungkin, untuk menghindari kemungkinan komputer padam secara mendadak.Alternatif lain dalam penyimpanan file :1. Klik tombol Save pada baris menu.2. Tekan tombol Ctrl+S pada keyboard. Keduanya akan menampilkan kotak dialog Save As. Ketikkan nama file dokumen, dan klik Save.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 komentar:

Unknown mengatakan...

mkasih infonya...:)

Posting Komentar