Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Manfaat Komputer dealam kehidupan sehari-hari



MANFAAT KOMPUTER
 Komputer seringkali dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari baik digunakan untuk meringankan pekerjaan maupun untuk bekerja. Fungsi yang sering kali dimanfaatkan oleh manusia diantara :
1.      Mempermudah Pengetikan
Dulu orang-orang menggunakan mesin tik untuk menulis, maka setiap kali orang itu salah ketik, kertas akan langsung disobek dan kembali mengetik ulang. Dan lagi dokumennya tidak dapat di edit, sementara jika kita menggunakan komputer, kita bisa delete kesalahan dan mengedit dokumen tersebut.
2.      Sarana Komunikasi
Pada zamannya, orang-orang berkomunikasi menggunakan fasilitas telepon, dimana kita hanya dapat berinteraksi melalui suara saja. Tapi, dengan adanya komputer kita dapat :
·         Berkomunikasi melalui Webcam
·         Melakukan Chatting
·         Mengirim file gambar ataupun audio melalui e-mail.

3.      Sarana Hiburan
Dengan adanya komputer, kita tidak hanya melakukan refreshing dengan menonton TV, mendengarkan radio, atau sekedar membaca Koran dan majalah. Melainkan, kita dapat menghibur diri dengan fasilitas yang terdapat pada komputer seperti :
·        Bermain Video Games Offline ataupun Online
·         Chatting atau Webcam dengan teman.


4.    Alat Pendidikan
Mayoritas sebuah pendidikan di dapatkan dari buku. Beberapa juga bisa memanfaatkan televisi, radio maupun media cetak lain. Tapi, berkat teknologi yang makin berkembang, komputer pun kini bisa dijadikan sebagai sarana pendidikan. Dengan menggunakan program tertentu maupun internet. Baik murid maupun guru sering kali mengambil materi dari internet itu se


5.    Pembelajaran Otodidak
Tidak banyak orang yang mampu mengambil beberapa kursus sekaligus. Belum tentu juga mereka mampu menyisihkan waktu untuk melakukan kursus diluar jam sekolah. Oleh karenanya, setiap kali ada waktu luang, mereka menyisihkan untuk mencari materi di internet. Untuk kemudian di pelajari sendiri, secara otodidak. Tentunya, selain menghemat waktu, hal ini juga mampu menghemat kantong.
6.      Sarana Informasi
Dengan adanya komputer (yang terhubung internet) kita bisa mencari banyak informasi. Mulai berita terbaru, travel, produk terbaru, perdangan maupun politik.
7.      Sarana Usaha
Selain sebagai sarana informasi, pendidikan dan digunakan untuk mempermudah suatu pekerjaan, komputer juga bisa di manfaatkan untuk usaha seperti warnet, usaha design arsitektur, usaha video editing maupun percetakan dan sablon.
8.      Sarana Pengontrolan
Sering kali komputer digunakan sebagai alat control jarak dekat maupun jauh untuk memantau keadaan perusahaan itu sendiri. Baik mengontrol escalator, tata lampu traffic jalanan, maupun memantau CCTV.
9.      Pemanfaatan Pada Bidang Kesehatan
Di zaman yang serba canggih ini, pada bidang kesehatan pun sudah mulai memanfaatkan teknologi yang ada untuk meningkatkan efesiensi dan efektivitas. Diantaranya adalah penggunaan alat-alat kedokteran yang mempergunakan aplikasi komputer, salah satunya adalah USG (Ultra Sonografi). 
10. Pemanfaatan Pada Bidang Keamanan
Bidang pertahanan dan keamanan juga masuk dalam salah satu manfaat komputer di berbagai bidang. Dengan adanya komputer, setiap negara bisa memperkuat barisan pertahanannya dari serangan luar. Peralatan canggih yang ada untuk bertahan dan menyerang juga

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar